default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Zoni : Aplikasi Lapor, Fasilitas Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Aspirasi Dengan Cepat dan Mudah

Zoni : Aplikasi Lapor, Fasilitas Bagi Masyarakat Untuk Menyampaikan Aspirasi Dengan Cepat dan Mudah
Edukasi
Kabid Hubungan Media dan Layanan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko// Photo Istimewa
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BENGKULU,MUKOMUKO- Sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu hingga kini. Aplikasi Lapor yang dijalankan Diskominfo Kabupaten Mukomuko,Provinsi Bengkulu, sudah menerima puluhan laporan masyarakat yang masuk, dengan berbagai laporan aduan, seperti mengadukan masalah kondisi jalan, erosi sungai, termasuk masalah listrik.

Dari laporan masyarakat itu, pihak Diskominfo langsung mengkoneksikan kepada dinas terkait. Seperti kondisi jalan yang rusak, diteruskan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). "Dan terbukti sudah ada yang ditindaklanjuti. beberapa jalan yang diadukan rusak, saat ini sudah dibangun.

Selain itu, ada juga yang mengadukan masalah kesehatan. Khususnya masalah demam berdarah. "Langsung kita koneksikan dengan Dinas Kesehatan dan langsung ditindak lanjuti oleh Dinkes, salah satunya dengan melakukan fogging.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Media dan Layanan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, Zoni Fourwanda, S.S dalam keterangannya di Mukomuko Kamis (16/1/2020). Zoni mengklaim Aplikasi Lapor yang dijalankan instansi tersebut telah terbukti dapat menyelesaikan masalah masyarakat di daerah ini.

Ia mengakui, "memang ada beberapa laporan masyarakat yang belum tuntas terselesaikan. Seperti laporan masalah ternak liar. Kemudian laporan masalah erosi sungai. "Tapi, apapun laporan itu sudah kita teruskan dengan OPD terkait. Seperti ternak liar, kita sudah ada tindakan dari dinas terkait untuk mengatasi hal yang dilaporkan. Untuk masalah erosi, karena bukan seutuhnya kewenangan daerah, sudah dikoneksikan dengan Bappelitbangda," jeladnya.

Zoni menyayangkan, untuk saat ini, Aplikasi Lapor kurang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan usulan atau aspirasi. Padahal, pihaknya sudah berupaya keras mensosialisasikan aplikasi ini sebagai fasilitas masyarakat menyampaikan aspirasi. 

Dari penelusuran yang mereka lakukan, sambung Zoni, diduga masyarakat mengungkapkan identitas pribadi saat melapor. Padahal, jika menyampaikan laporan melalui Aplikasi Lapor ini, identitas dirahasiakan. 

"Kami berharap kedepan lebih banyak masyarakat memanfaatkan Aplikasi Laporan ini. Tujuannya agar program pemerintah lebih tepat sasaran dan memang yang menjadi kebutuhan masyarakat. Aplikasi ini salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dengan cepat dan mudah," papar nya.


Kontributor :
Editor : Robianto
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar