default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Usai HUT Kabupaten, Harga TBS Kelapa Sawit di Mukomuko Mulai Merosot

Usai HUT Kabupaten, Harga TBS Kelapa Sawit di Mukomuko Mulai Merosot
Ekonomi
Masyarakat saat menimbang tbs sawit hasil kebunya
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BENGKULU,MUKOMUKO- Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, baru saja selesai merayakan Hari jadi Ke-17 tahun. Kabupaten yang sebagian besar masyarakat didaerah tersebut mengandalkan Ekonomi pada hasil perkebunan kelapa sawit. Entah ini hanya kebetulan, berketepatan dengan HUT Mukomuko Ke- 17 baru-baru ini. Harga TBS didaerah itu mulai merosot.

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani yang dibeli pabrik di Kabupaten Mukomuko, dengan harga tertinggi Rp 1.610 / kg dan dengan harga terendah Rp 1.470 / kg. Meskipun harganya lumayan tinggi. Harga tersebut mengalami penurunan Rp 5 hingga Rp 40/ kg jika dibandingkan dua minggu terakhir.

“Pabrik–pabrik menurunkan harga beli TBS petani hingga Rp 40/ kg,” ungkap Kepala Seksi Kemitraan, Perizinan dan Budidaya Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudiyanto  SP dalam keteranganya di Mukomuko Rabu (26/2/2020).Turunnya harga tersebut, kata Sudiyanto dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya disebabkan permintaan dan harga CPO dunia menurun.

Sehingga langsung berdampak kepada petani sawit di daerah ini yang langsung menjual ke pabrik.”Ini alasan pihak pabrik menurunkan harga, yang saya peroleh dari pihak pabrik yang membeli TBS petani di daerah ini,” katanya.

Ia menyebutkan, PT Sapta membeli TBS petani Rp 1.510 / kg, PT KSM Rp 1.500, PT MMIL RP 1.490, PT SSS Rp 1.470, PT SAP Rp 1.480, PT KAS Rp 1.490, PT DDP Rp 1.500, PT USM Rp 1.610, PT BMK Rp 1.600 dan PT GSS Rp 1.580 / kg.

Sudiyanto juga menyampaikan, harga-harga tersebut berlaku jika petani langsung menjual TBS nya di pabrik-pabrik. Jika petani menjual melalui pedagang pengepul atau toke. Harga yang diterima petani lebih murah. “Kami imbau petani langsung menjual TBS nya ke pabrik. Sehingga hasilnya lumayan tinggi,” himbaunya.


Kontributor : Mukomuko
Editor : Robianto
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar