default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

TACB Kabupaten Situbondo Rekomendasikan Penetapan 6 ODCB

TACB Kabupaten Situbondo Rekomendasikan Penetapan 6 ODCB
Sejarah
Serah terima naskah rekomendasi.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO- Sidang kajian terhadap 7 ODCB (Objek Diduga Cagar Budaya) oleh TACB (Tim Ahli Cagar Budaya) Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur menghasilkan rekomendasi penetapan 6 objek Cagar Budaya (CB). Hal itu disampaikan Kepala Seksi PCBM (Pelestarian Cagar Budaya dan Museum) di Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Djony Soesanto pada suaraindonesia.co.id, Kamis (27/2/2020)

"Dari 7 ODCB, TACB Kabupaten Situbondo merekomendasikam penetapan kepada Bupati Situbondo bagi 6 ODCB menjadi CB. Ke enam objek tersebut adalah Rumah Dinas Residen, Kantor Kawedanan Besuki, Rumah Bupati Besuki I, Rumah Wedana, Situs Plalangan dan Pos Jaga Residen Besuki. Satu ODCB yakni Struktur menara lonceng yang kini jadi menara mesjid Baiturrahman, tidak memenuhi kriteria," ujar  Djony.

Menurut Ketua TACB Viskanto Adi, tidak masuknya struktur menara lonceng sebagai CB   dikarenakan telah terjadi perubahan gaya arsitektur. Setelah tim melakukan kajian kondisi saat ini dan berdasarkan sinkronisasi data yang ada, tim menyimpulkan struktur yang awalnya dibikin tahun 1800-an tersebut sudah berubah konstruksinya. 

"Awal struktur berdiri, bertingkat dua , sedangkan pada pemugaran 2009 sudah bertingkat empat dengan perubahan gayanya. Bahkan pada tingkat kedua lebih kecil dimensi strukturnya," terang Viskanto.

Rekomendasi penetapan CB tersebut merupakan yang perdana di Kabupaten Situbondo. Ratusan aset kecagarbudayaan di Kabupaten Situbondo selama ini berstatus teregistrasi dan sebagian besar belum diregistrasi. Dan baru kali ini dalam sejarahnya, Kabupaten Situbondo mengawali Penetapan CB sebagaimana diamanatkan dalam UU Cagar Budaya No. 11 tahun 2010.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar